Pekan Kreativitas Mahasiswa

C360_2015-03-12-08-17-26-089 C360_2015-03-12-08-21-25-481 C360_2015-03-12-08-39-07-672 DSCF6832 DSCF6849

Pengembangan jiwa kewirausahaan merupakan kunci kemajuan dan kesuksesan. Keberhasilan pendidikan dan pengembangan jiwa kewirausahaan dapat mengurangi jumlah pengangguran, menciptakan lapangan kerja, dan  mengentaskan masyarakat dari keterpurukan ekonomi. Karena itulah, jiwa kewirausahaan perlu ditanamkan dan ditumbuhkan kepada setiap orang, khususnya bagi lulusan perguruan tinggi, terlebih lagi bagi lulusan Program Studi Pendidikan Matematika.

Lulusan Program Studi Pendidikan Matematika dipersiapkan menjadi guru sekolah menengah. Sebagai guru sekolah menengah, lulusan Program Studi Pendidikan Matematika diharapkan dapat membekali siswanya dengan pengetahuan dasar yang dapat digunakan sebagai bekal untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Di samping itu, guru juga harus mampu membekali siswanya dengan pengetahuan dan jiwa kewirausahaan sejak dini. Pengetahuan ini akan sangat berguna bagi lulusan sekolah menengah, terutama bagi siswa yang tidak dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.  Selain itu, pada umumnya guru menjadi panutan di lingkungan tempat tinggalnya. Kondisi ini akan memungkinkan guru untuk membangun dan mengembangkan potensi masyarakat apabila memiliki dan dapat mengembangkan jiwa kewirausahaan.

Berdasarkan uraian di atas, dipandang sangat penting untuk menanamkan, menumbuhkan, serta mengembangkan semangat, jiwa, dan sikap kewirausahaan bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. Hal tersebut dapat dilakukan melalui kegiatan pelatihan. Sebagai tahap awal, pelatihan diarahkan untuk menanamkan dan menggali jiwa kewirausahaan di kalangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Kanjuruhan Malang. Pada tahap lanjutan, peserta pelatihan diharapkan dapat mengamalkan pengetahuan tersebut di lingkungan kerja dan tempat tinggalnya.

Tujuan diadakannya PKM ini guna membekali mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika dengan pengetahuan tentang tata cara penyusunan proposal PKM. Pelaksanaan pelatihan pada hari Kamis tanggal 12 Maret 2015 dengan mengundang 2 pakar dari Universitas Kanjuruhan Malang, yaitu Dr. Endi Sarwoko, S.E., M.M. dan Andi Nu Graha, S.E., M.Si..

Capaian kegiatan ini adalah mahasiswa mendapatkan gambaran tentang pembentukan ide PKM terutama PKM kewirausahaan yang inovatif, kreatif, dan orisinil. Dosen dan mahasiswa juga mendapatkan sistematika dan info-info penting mengenai proses PKM dan sistematikanya. Target capaian ini terpenuhi yang ditunjukkan dengan keantusiasan peserta dalam mencari ide untuk PKM melalui konsultasi singkat dengan dosen. Hal ini menunjukkan bahwa peserta menyimak dan memahami materi tentang PKM yang disajikan.