KULIAH TAMU

DSC_1128 DSC_1129 DSC_1136 DSC_1137 DSC_1160

Dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan, program studi pendidikan matematika universitas kanjuruhan selalu berusaha meningkatkan kualitas layanan akademik dan non akademik kepada mahasiswa. Peningkatan layanan akademik kepada mahasiswa dapat berupa penambahan wawasan dan pengalaman yang bersifat akademik. Selain itu, peningkatan kualitas lulusan juga sangat bergantung pada kompetensi dosen. Oleh karena itu, perlu dilakukan peningkatan layanan akademik dan kompetensi dosen agar dapat meningkatkan kompetensi akademik mahasiswa, sehingga kualitas lulusan juga meningkat.

Penambahan wawasan mahasiswa dan peningkatan dosen dapat dilaksanakan secara bersama-sama, yaitu dalam bentuk kuliah tamu. Kuliah tamu dilakukan dengan cara mengundang dosen ahli (pakar) untuk menjadi dosen pengampu suatu matakuliah dan didampingi oleh dosen program studi pendidikan matematika. Pada kegiatan tersebut, mahasiswa mendapatkan ilmu langsung dari ahlinya, sedangkan dosen pendamping mendapatkan pengalaman dan pengetahuan dari pakar. Dosen pendamping akan mengimplementasikan hasil kegiatan tersebut pada kelas-kelas lain yang dibinanya. Dengan demikian, seluruh mahasiswa akan merasakan dampak positif dari kegiatan ini.

Dengan memperhatikan dampak positif kegiatan di atas, maka pada semester genap 2014-2015 ini program studi pendidikan matematika memprogramkan kegiatan kuliah tamu untuk matakuliah yang dianggap dosen cukup sulit yaitu matakuliah Topologi (MAT219) dengan mendatangkan pakar yaitu Dr. Makbul Muksar, M.Si, dosen universitas negeri malang. Perkuliahan dilaksanakan setiap senin pukul 12.50-15.20 di ruang J-12

Setelah mengikuti perkuliahan yang diadakan oleh dosen tamu, mahasiswa 2012A sebagai peserta matakuliah menyampaikan komentar/pendapat bahwa matakuliah topologi tidak sesulit yang dibayangkan dan cara mengajar dosen tamu sangat membantu mahasiswa memahami materi.