Pelatihan Publikasi Karya Ilmiah untuk Peningkatan Kualitas Dosen Bersama Prof. Dr. Marjono, M.Phil

IMG_6727 IMG_6725 IMG_6708

Diseminasi hasil penelitian pada dasarnya tidak dapat dipisahkan dari kegiatan penelitian secara keseluruhan. Publikasi karya ilmiah, baik nasional terakreditasi maupun bereputasi internasional merupakan salah satu diseminasi hasil penelitian yang dapat dijadikan indikator dari keunggulan penelitian dan kualitas dosen peneliti. Akan tetapi, publikasi ilmiah yang dimaksud pada kenyataannya masih sangat rendah.       Rendahnya publikasi ilmiah para dosen diduga disebabkan oleh rendahnya kemampuan dan dorongan untuk menuliskan hasil penelitiannya di jurnal ilmiah nasional terakreditasi atau bahkan jurnal bereputasi internasional. Di pihak lain, skim penelitian kompetitif menuntut output penelitian dalam bentuk publikasi ilmiah pada jurnal nasional terakreditasi ataupun jurnal bereputasi internasional.

Salah satu kegiatan untuk mendukung peningkatan kualitas dan kuantitas publikasi karya ilmiah tersebut adalah kegiatan pelatihan publikasi artikel ilmiah nasional yang diperuntukkan bagi dosen. Untuk itu, Program Studi Pendidikan Matematika bermaksud mengadakan pelatihan publikasi karya ilmiah dengan tema yang diangkat adalah Publikasi Karya Ilmiah Untuk Peningkatan Kualitas Dosen. Kegiatan pelatihan ini diselenggarakan pada hari Selasa, 3 Februari 2015 dimulai pada pukul 08.00 WIB, berakhir pada pukul 10.30 WIB dan bertempat di ruang A1 Universitas Kanjuruhan Malang.

Pemateri pada kegiatan pelatihan ini adalah Prof. Dr. Marjono, M.Phil. Beliau merupakan Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Brawijaya Malang. Beliau telah banyak menulis artikel di berbagai jurnal, baik melalui dana hibah DGHE/DIKTI, EU-Project, maupun dana universitas. Beliau menyampaikan presentasi pelatihan publikasi karya ilmiah dengan judul Theory and Applied Mathematics : Research and Knowledge Management.

 

Intisari materi yang disampaikan oleh pemateri bahwa ide dari penulisan suatu artikel dapat ditemukan dari berbagai fenomena sehari-hari. Ide tersebut kemudian dituangkan dalam bentuk penelitian. Untuk menulis artikel dari hasil penelitian tersebut, ada beberapa tahap kunci yang harus dilakukan, seperti memahami permintaan sponsor, support dari institusi dan follow up.